Search

Home » , , , , , , , , , » Cara Gampang Membuat Menu di Blogger Agar Tampil Elegan

Cara Gampang Membuat Menu di Blogger Agar Tampil Elegan

Sahabat blogger, banyak sekali cara agar blog menjadi lebih menarik dan elegan, salah satunya dengan memberikan menu tab pada blog. Membuat menu tab sederhana pada blog memang sangat memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui dan memilih postingan / artikel berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Selain itu menu tab juga menjauhkan kesan monoton pada blog kita. Bisa dibayangkan bila blog kita tidak mempunyai menu, rasa rasanya ada yang kurang. Penggunaan menu tab ini sangat dianjurkan bila postingan yang ingin kita terbitkan menjadi satu kelompok menu di dalam kategori tertentu. Berikut ada sebuah tips sederhana tentang cara membuat menu di blog (blogspot). Dalam membuat menu ini, kita tidak menggunakan menu template / edit HTML langsung pada template, namun kita memanfaatkan halaman / laman yang sudah tersedia di dasbor blogger.
1. Login ke BLOGGER kemudaian ke DASBOR blogger.
2. Pada pilihan menu di DASBOR pilih menu LAMAN. Maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini,
3. Kemudian klik LAMAN BARU, laman baru ini berfungsi untuk menambahkan menu tab berupa postingan, label atau posting yang ada didalam blog. Pada menu ALAMAT WEB ( dibawah LAMAN KOSONG) adalah cara membuat menu di blog dengan menambah url / link langsung baik url dalam blog maupun url lain (bukan url blog), tanpa memasukkan posting atau label.
4. Setelah klik LAMAN BARU, kemudian isi judul LAMAN, dalam mengisi judul itu terserah kita. Sebagai contoh saya menggunakan Judul KATEGORI seperti pada gambar dibawah ini :
menu blog
4. Klik HTML, kemudian COPY kode berikut dan PASTE kan pada halaman HTML tersebut.
<div id="tabshori">
<ul>
<li><a href="http://bloganda.blogspot.com/search/label/Berita">News</a></li>
<li><a href="http://bloganda.blogspot.com/search/label/Komputer">Komputer</a></li>
<li><a href="http://bloganda.blogspot.com/search/label/Otomotif">Ponsel</a></li>
<li><a href="http://bloganda.blogspot.com/search/label/Info%20Ponsel">Info Kuliner</a></li>
<li><a href="http://bloganda.blogspot.com/search/label/Buku%20Terbaru">Lagu Terbaru</a></li>
</ul>
</div>
5. Ganti code warna merah dengan link / Url label pada blog Anda. Jika sudah selesai silahkan klik PUBLIKASIKAN, untuk menghindari kesalahan silahkan dilihat dulu pada Menu PRATINJAU.
6. Anda dapat menambahkan 6 - 7 menu sekaligus pada blog. Jika ingin cara yang instan cukup masukkan ALAMAT WEB pada LAMAN MENU. Selanjutnya tinggal isikan URL LABEL pada masing masing Menu Tab tadi.
Demikian sedikit tips sederhana tentang cara membuat menu di blog, dikatakan sederhana karena cara ini hanya memanfaatkan menu LAMAN yang sudah tersedia di Dasbor Blogger.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.