Kebutuhan posting di media sosial akan sangat berpengaruh terhadap reputasi anda, baik itu untuk jualan online, tips untuk motivasi, dll. Salah satu trik media sosial yang paling penting adalah mempertahankan jadwal posting.
Hal ini tidak hanya akan membawa konsistensi untuk pekerjaan Anda,
tetapi juga akan menghemat waktu yang berharga. Tetapi, melakukan
penjadwalan itu sendiri tidak akan memberikan banyak keunggulan kecuali
jika Anda mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan posting. Jadi,
bukan hanya tentang apa yang Anda kerjakan tapi juga kapan Anda
melakukannya. Dengan mengetahui kapan audience Anda bangun dan memeriksa
Facebook, dapat memberikan keajaiban kecil bagi reputasi sosial Anda.
Jadi pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk posting di situs
media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan sebagainya?
Jawabannya tergantung banyak faktor dan ini adalah saatnya Anda
melakukan analisis terhadap sosial media. Tapi sebelum Anda membuka
Facebook dan melakukannya, mungkin ada beberapa saran yang bisa Anda
perhatikan untuk jaringan media sosial tertentu.
Seperti yang saya katakan bahwa analisis media sosial dapat membantu meningkatkan reputasi blog
Anda. Tapi Anda tidak cukup hanya tahu kapan dan berapa banyak
pengunjung Anda yang sedang online. Akan jauh lebih baik jika mereka
semua juga terlibat dalam aktivitas klik, like, atau share. Di sinilah
fungsi dari beberapa platform yang mungkin perlu Anda manfaatkan seperti
contohnya AddThis. Platform ini memungkinkan pengunjung Anda untuk menyukai dan membagikan artikel Anda ke media sosial yang mereka miliki.
Variasi Waktu untuk Berbagai Jaringan Sosial
AddThis telah menyusun sebuah laporan dari 14 juta website lebih yang
menggunakan platform ini dan menyajikan data analisisnya yang dapat
membantu kepentingan kita.
Data ini menggambarkan kapan waktu puncak klik dan share yang berasal
dari 14 juta situs lebih yang menggunakan tool AddThis ini. Dari data
tersebut kita bisa tahu waktu yang tepat untuk melakukan posting artikel
kita di media sosial. Ini akan sangat membantu meningkatkan jumlah
traffic blog kita.
Gambar di atas menyajikan sebuah data pengguna facebook di salah satu
website berdasarkan persentase terhadap jam sehari. Kita dapat melihat
bahwa sebagian besar aktivitas di Facebook terjadi pada malam hari baik
itu klik maupun share. Sangat sedikit aktivitas share yang terjadi pada
siang hari, puncaknya terjadi sekitar jam 6-12 PM. Beberapa klik dan
share juga terjadi di siang hari namun angkanya hanya sedikit. Biasanya
orang mengakses Facebook ketika jam kantor akan dimulai dan di malam
hari ketika mereka sudah pulang.
Menurut AddThis, tren klik dan share untuk Twitter hampir sama dengan
Facebook yaitu puncaknya terjadi di malam hari dan beberapa di siang
hari. Tetapi Pinterest sebagian besar digunakan di sore dan malam hari.
Nah, jika dikaji lebih jauh lagi berdasarkan hari tentunya juga akan
berbeda antara senin sampai minggu. Berikut adalah observasi yang lebih
mendalam lagi dari AddThiss.
Kesimpulan
Dampak yang didapat dari sosial media adalah dengan memperhatikan waktu posting kita seberapa seringkah kita melakukannya, ini akan
memberikan dampak yang bermakna bagi blog kita. Data di atas telah
memberikan wawasan kepada kita mengenai hal kecil namun penting.
Semuanya tergantung pada diri Anda, Anda dapat berbagi hal-hal yang Anda
tulis di pagi hari ketika rata-rata orang sedang pergi ke kantor.
Tetapi yang terbaik untuk konten Anda adalah di sore dan malam hari
ketika sebagian besar audience Anda sedang aktif dan terlibat. Anda juga
harus melihat hari yang paling populer untuk postingan Anda.
Masih banyak sekali data yang berguna untuk Anda dan blog Anda yang
berkaitan dengan sosial media. Silahkan jangan lelah untuk terus mencari
sesuatu yang terbaik demi kemajuan diri Anda. Hal di atas sebenarnya
mempelajari perilaku manusia dan kita memanfaatkan itu untuk kepentingan
kita.
0 comments:
Post a Comment